Benarkah Hardcluster Ancam Server Pulsa?

        Di Tahun 2011 ini Hard cluster menjadi bahan pembicaraan yang sangat menarik. Siapakah yang di untungkan dengan adanya hardcluster? Semuanya menyisakan tanda tanya. kalau tanda tanya kenapa harus ada hardcluster? Jawabnya Silakan tanya kepada salah satu operator yang menerapkan system hard cluster.

Contoh dampak hardcluster:

        Pak Agus Berdomisili di pasuruan, karena ada tugas di nganjuk, pak Agus pun meluncur ke nganjuk. Sesampainya di nganjuk pak agus bermaksud Telf keluarga yang di pasuruan. Tp berhubung pulsa habis pak agus pun pinjam hp teman untuk sms istri tercinta. Isi nya: ” MA, INI PAPA PINJAM HP TEMAN. TOLONG BELIIN PAPA PULSA 50RB KE NOMOR PAPA YA.. MAMA GAK USAH TELF, NANTI KALAU PULSA SUDAH MASUK PAPA YANG TELF.” Pak agus menunggu kiriman pulsa hingga ber jam2 tapi pulsanya gak masuk. Dengan hati kesal Pak agus sms lagi menggunakan hp temanya. Isi nya: ” MA, PULSA PAPA KOK GAK DI ISI? PAPA LAGI BUTUH UNTUK TELF RELASI NIH.. APA MAMA SUDAH GAK SAYANG PAPA?” Sesaat kemudian hp Pak Agus berdering, ternyata telf dari Istri nya. Isi perbincangan:
Istri : Pa Maaf, Mama gak bisa Isi Pulsa Papa.
Pak Agus: Kenapa Ma?
Istri : Kata konter sebelah nomor papa di luar Clutel, Eh, Cluster.
Pak agus: Cluster itu apa ma?
Istri: Kata konter sebelah papa harus mengisi pulsa di nganjuk!
Pak Agus: Tapi di sini papa gak tau konternya di mana? apa lagi jauh dari pekampungan..
Istri: Ya Mama gak tau pa, jaman sudah modern mau isi pulsa saja kok tambah susah!!
Pak Agus: Ya udah ma, jaga diri baik2 di rumah..
Istri: Okey pa..

        Contoh di atas tersebut sebagian dari dampak hardcluster. Secara tidak langsung system hardcluster juga menutup ruang/ pangsa pasar konter pulsa. lantas apakah hardcluster ancam server pulsa? Saya kira untuk server pulsa akan tetap bertahan, di karenakan bisa tukar stok dengan pemain server pulsa di luar kota (via H2H).